يُخَادِعُونَ اللَّهَ وَالَّذِينَ آمَنُوا وَمَا يَخْدَعُونَ إِلا أَنْفُسَهُمْ وَمَا يَشْعُرُونَ

Mereka hendak menipu Allah dan orang-orang yang beriman, pada hal mereka hanya menipu dirinya sendiri sedang mereka tidak sadar.(QS.2:9)

يُخَادِعُونَ اللَّهَ

Kata yukhoodi’uuna adalah fi’il Mudhari yang didalamnya ada Dhomir hum/mereka yang menjadi Fa’ilnya, dan kata Allooha adalah Maf’ulnya, dari kata yukhoodi’uuna itu mengikuti wazan/timbangan yufaa’iluuna.

وَالَّذِينَ آمَنُوا

Kata huruf wawu adalah Wawu Athaf, dan kata al-ladziina aamanuu yang terdiri dari Isim Mausul dan Silahnya itu diathafkan oleh Wawu Athaf tersebut kepada kata Allooha yang menjadi Maf’ul.

وَمَا يَخْدَعُونَ

Kata huruf wawu adalah Wawu Haal yang artinya padahal, dan kata maa adalah Maa Nafiyah, dan kata yakhda’uuna adalah fi’il Mudhari yang didalamnya ada dhomir hum yang menjadi Fa’ilnya.

إِلا أَنْفُسَهُمْ

Kata huruf illaa adalah Adatu Hasrin/alat untuk meringkas, dan kata anfusahum yang terdiri dari Mudhof Ilaih itu adalah menjadi Maf’ul dari fi’il Mudhari yakhda’uuna.

وَمَا يَشْعُرُونَ

Kata huruf wawu adalah huruf Athaf, dan kata maa sesudahnya adalah Maa Nafiyah, dan kata yasy’uruun adalah fi’il Mudhari yang di dalamnya ada Dhomir hum yang menjadi Fa’ilnya.