وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَقُولُ آمَنَّا بِاللَّهِ وَبِالْيَوْمِ الآخِرِ وَمَا هُمْ بِمُؤْمِنِينَ

Di antara manusia ada yang mengatakan: “Kami beriman kepada Allah dan Hari kemudian”, padahal mereka itu sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman.(QS.2:8)


وَمِنَ النَّاسِ

Kata huruf wawu adalah wawu Isti’naf/permulaan, dan kata an-naasi dijarkan olehnya, yang Jar Majrur ini bisa menjadi Khobar Muqoddam/didahulukan dan bisa menjadi Mubtada’.

مَنْ يَقُولُ

Kata man adalah Isim Mausul, dan kata yaquulu adalah fi’il Mudhari yang menjadi Silahnya man, yang keduanya bisa menjadi Mubtada’ Muakhkhor/diakhirkan dan bisa menjadi Khobar dan Mubtada’.

آمَنَّا بِاللَّهِ

Kata aamannaa adalah fi’il Madhi dan Fa’ilnya, dan kata billah menjadi Maf’ul keduanya. Kaata aamannaa itu Maf’ul pertamanya.

وَبِالْيَوْمِ الآخِرِ

Kata huruf wawu adalah Wawu Athaf, dan kata bilyaumil-aakhiri diathafkan olehnya kepada kata billah, kata al-yaumil-aakhiri yang dijarkan oleh kata huruf bi itu terdiri dari kata sifat dan yang disifati, sama-sama pakai alif dan lam dan sama baris akhirnya.

وَمَا هُمْ بِمُؤْمِنِينَ

Kata huruf wawu adalah Wawu Haal yang artinya padahal, dan kata maa adalah Maa Nafiyah dan kata hum adalah Isimnya, dan kata bimu’miniin adalah Khobarnya.